Teknologi Printer 3 Dimensi: Print Tubuhmu Sendiri

Printer 3 Dimensi sudah banyak digunakan untuk hal-hal aneh, tapi penggunaan yang paling aneh masih berasal dari Jepang. Beberapa bulan yang lalu, sebuah perusahaan Jepang menghasilkan sebuah "janin" melalui teknologi 3D printing, dan hasilnya sendiri memiliki bentuk persis seperti janin utuh pada umumnya.

Sekarang, orang Jepang kembali lagi dengan bisnis printer 3D yang baru, yaitu photobooth khusus untuk membuat foto para pelanggan melalui printer 3D. Photobooth ini dinamai Omote 3D dan saat ini tokonya berada di distrik Harajuku, Tokyo. Apa yang dilakukan para staff disana adalah melakukan scanning gambar 3 dimensi dari setiap pelanggan ke dalam komputer, kemudian mencetaknya menjadi seperti sebuah "mainan" miniatur. Ukuran produknya sendiri tersedia dalam 3 pilihan, yaitu 10 cm, 15 cm dan 20 cm, dengan harga yang cukup bervariasi mulai dari $264 hingga $528 (2-5 juta Rupiah).

Ini adalah beberapa contoh produknya:





Teknologi printer 3 dimensi adalah sebuah proses mencetak obyek 2 dimensi menjadi 3 dimensi. Di Indonesia sudah ada yang menerapkan teknologi ini belum ya?


sumber : jepang.net

Comments