Pertanyaan-Pertanyaan Aneh Wawancara Kerja Perusahaan Jepang

Datangnya bulan April menandai awal tahun fiskal baru di Jepang. Banyak yang semangat, banyak juga yang terintimidasi. Kenapa? Karena sekarang adalah musimnya orang-orang berburu pekerjaan, yang berarti akan ada banyak orang yang gugup saat diwawancara.

NicoNico News mengirim kuesioner kepada 1.000 karyawan untuk mendengar apa saja pertanyaan yang membuat mereka bingung di masa lalu. Berikut adalah beberapa yang terbaik, dari yang benar-benar jenius sampai yang paling aneh...

Pertanyaan Aneh Wawancara Kerja Perusahaan Jepang

"Jika anda adalah sebuah mobil, anda ingin menjadi bagian yang mana?"

Tanggapan: Pekerjaan ini bahkan tidak ada hubungannya dengan mobil -- Wanita (25 tahun).


"Apa hobi presiden direktur perusahaan ini?"

Tanggapan: Apakah kita harus tahu jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan seperti ini untuk mendapatkan pekerjaan? Siapa sih yang tahu jawabannya?? -- Pria (28).


"Di antara anggota SMAP, anda paling menyerupai siapa?"

Tanggapan: Saya harus memilih dari SMAP? Gawat -- Pria (33).


"Menurut anda, saya termasuk jenis makanan apa?"

Tanggapan: Setelah saya bilang kalau saya suka makan kue, pewawancara bertanya ini ke saya -- Wanita (30).


"Pilih sebuah ayat dari teks klasik China di papan tulis ini lalu terjemahkan artinya."

Tanggapan: Pertanyaannya membuat kita bertanya-tanya apa jenis pekerjaan ini, kan? Mungkin guru atau dosen cocok dengan pertanyaan ini, tapi bukan. Waktu itu saya sedang melamar jadi sekretaris -- Wanita (28).


"Bayangkan ada empat manusia primitif berdiri di depan anda. Jika anda harus memilih salah satu dari mereka, atas dasar apa yang membuat anda memilih dia?"

Tanggapan: Apa sih yang mereka harap ketahui dari kita dari pertanyaan ini? Apa hubungannya sama manusia primitif?! -- Wanita (24).


"Apa yang anda makan tadi pagi?"

Tanggapan: Apakah lebih baik kalau kita berbohong atau jawab dengan jujur? Apa mereka memilih orang berdasarkan apakah mereka makan nasi atau roti untuk sarapan? -- Wanita (26).


"Buat saya tertawa."

Tanggapan: Tiba-tiba saya harus membuat dia tertawa, padahal saya sudah sangat gugup dari awal wawancara. Saya yakin pelawak profesional pun akan mengalami kesulitan -- Wanita (24).


"Jika anda mengetahui boss anda melakukan kecurangan, apa yang akan anda lakukan?"

Tanggapan: Saya jawab saja sesuai dengan jawaban orang yang paling suci di dunia. Haha -- Pria (31).


"Apakah anda melihat sesuatu saat anda berjalan dari lobi ke ruang wawancara ini?"

Tanggapan: Saya baru sadar kalau mereka telah meninggalkan beberapa alat tulis tergeletak di lantai dengan sengaja. Rupanya mereka ingin tahu bagaimana perhatian kita terhadap hal-hal detail -- Wanita (28).


"Apa warna anda?"

Tanggapan: Ini adalah pertanyaan yang umum, tapi saya tidak pernah tahu warna apa yang bagus -- Pria (26).


"Apakah anda bersedia untuk berpisah dengan kekasih anda untuk mendedikasikan diri ke perusahaan kami?"

Tanggapan: Pertanyaan yang paling sulit saya jawab, bahkan sampai sekarang -- Wanita (26).


Begitulah pertanyaan-pertanyaan para manajer SDM Jepang ketika mewawancarai para calon karyawan. Bagaimana dengan proses wawancara kamu? Apa kamu pernah mendapatkan pertanyaan yang sulit atau aneh waktu wawancara kerja?

jepang.net

Comments